Langkah Awal Memulai Bisnis Kecil

Langkah Awal Memulai Bisnis Kecil

Langkah Awal yang Harus Kamu Pahami Saat Memulai Bisnis Kecil

Langkah Awal Memulai Bisnis Kecil – Saat memutuskan untuk memulai bisnis atau menjadi entrepreneur, seseorang harus memiliki pondasi yang kuat dan melakukan berbagai langkah agar usaha yang dijalankan bisa bertahan dan bertumbuh.

Apakah kamu sudah jenuh bekerja di perusahaan orang lain? Atau mungkin memang saat ini kamu sedang menjalani sebuah bisnis kecil-kecilan? Ya, pada dasarnya pekerjaan apapun itu baik, asalkan benar dan sungguh-sungguh dijalani pasti akan membuahkan kesuksesan.

Namun khusus untuk kamu yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru, mungkin berwirausaha adalah jalan yang bisa kamu ambil. Memiliki bisnis sendiri bukan berarti lebih enak. Justru sebaliknya, akan ada banyak pengorbanan dan mungkin kegagalan yang akan dialami. Apa kamu sudah siap?

Memulai bisnis itu banyak gagalnya

Hanya dibutuhkan satu kali kesuksesan untuk menebus ribuan kali kegagalan. Kata mutiara ini gak hanya sekadar rekaan saja, namun benar adanya. Kamu yang ingin memulai bisnis baru, ingatlah bahwa kamu harus siap untuk gagal berulang kali. Dan kegagalan itu sungguh sangat menyakitkan. Jika mentalmu gak kuat, maka sebaiknya kamu jangan menjadi pengusaha.

Orang-orang besar seperti Bill Gates, Jack Ma, Harland Sanders, dan pengusaha-pengusaha sukses lainnya telah berulang kali mengalami kegagalan, namun mereka berulang kali juga bangkit. Jadi, apakah kamu sudah siap menghadapi kegagalan? Dipikir-pikir lagi, ya!

Bangkit dari kegagalan itu memang sulit, tapi harus

Apakah saat ini bisnis kecilmu sedang terpuruk dan gagal? Jika iya, maka selamat! Berarti kamu diberikan kesempatan untuk bangkit dari keterpurukanmu. Bangkit dari kegagalan itu memang gak mudah dan butuh waktu yang sangat lama untuk memulihkan keadaan. Apalagi jika bisnismu memiliki utang yang menggunung, maka sudah menjadi kewajibanmu untuk menyelesaikannya.

Namun kamu jangan berkecil hati. Masih banyak pebisnis di luar sana yang bahkan “penderitaan”nya tidak sedalam apa yang kamu alami. Introspeksi, perbaiki kinerja, dan berani bangkit, itu tiga kata kuncinya.  Lantas, apakah setelah bangkit, kegagalan masih bisa menghinggapi bisnismu? Tentu saja. Sebab yang namanya bisnis itu berarti harus siap untuk gagal berulang kali. Kuatkan mentalmu sebab kamu tidak tahu kegagalan apa saja yang bakal merintangi jalanmu di depan kelak.

Lakukan Riset Kecil-Kecilan Mengenai Seberapa Besar Bisnis Tersebut Akan Berhasil

Memulai bisnis dapat didasarkan pada dua hal, yakni gairah (passion) atau pada kondisi yang terdesak

Pada dasarnya sebuah bisnis dapat dimulai pada dua prinsip, yakni passion atau kondisi kepepet (terdesak). Ternyata keduanya memiliki arah dan mekanisme berbeda, lho. Mayoritas bisnis akan berjalan sukses jika didasarkan pada sebuah passion atau gairah, meskipun bisnis yang dilatari dengan kondisi terdesak juga banyak yang sukses.

Jika kamu ingin memulai berbisnis, tentukan apa yang menjadi passion dan kesukaan kamu. Karena gairah dan talenta orang itu berbeda-beda dan jika kamu bisa kembangkan langkah awal ini, kamu akan siap untuk maju pada langkah berikutnya.

Menjadi wirausaha jangan pernah malu dan gengsi

Ingin menjadi pebisnis handal itu jangan pernah malu untuk berjualan. Jika teman-temanmu hanya menghabiskan waktu untuk nongkrong di kafe dan nonton bioskop, maka kamu bisa menghabiskan waktu untuk kegiatan produktif, berjualan misalnya.

Jangan salah, banyak perusahaan besar di dunia ini yang pada mulanya, sang pemilik menjajakan produknya dari pintu ke pintu alias door to door. Jika seandainya dulu mereka gengsi untuk melakukan hal ini, maka gak akan ada perusahaan-perusahaan besar macam Disney, KFC, Microsoft, Apple, dan lain sebagainya. Jadi, tinggalkan rasa gengsi itu. Toh pekerjaanmu halal, bukan?

Terus berusaha dan berdoa

Teruslah berusaha, berdoa, dan jangan pernah menyerah pada keadaan. Hal ini sangat penting untuk kamu jalani dalam bisnis dan usahamu. Bagaimanapun, hasil tidak akan pernah mengkhianati proses, bukan? Kelak suatu saat kamu pun bisa meraih kesuksesan dan membagikan ilmu yang kamu punya kepada mereka yang butuh bimbingan kamu.

Nah bagaimana, ternyata menjadi wirausaha atau pebisnis itu gak gampang, bukan? Jadi siapkan mental kamu dan jangan mudah menyerah ya!

Comments are closed.