Perhatikan Saat Membangun Bisnis dengan Keluarga

Perhatikan Saat Membangun Bisnis dengan Keluarga

Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Membangun Bisnis dengan Keluarga

Perhatikan Saat Membangun Bisnis dengan Keluarga – Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih membangun bisnis keluarga. Salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, dengan menjalankan bisnis keluarga, nilai-nilai bisnis juga bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Di tengah dominasi generasi millennial dalam beberapa hal seperti gaya hidup dan pilihan karier, menjadi seorang wirausaha bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak jarang berbagai macam ide usaha di kepala muncul melihat tren dan kebutuhan lingkungan saat ini.

Meski memiliki ide, tak jarang terdapat berbagai ketakutan dan kerisauan apabila kamu membuka usaha sendiri sehingga sering kali kamu memutuskan untuk berbisnis dengan saudara.

Menjadikan saudara sebagai partner bisnis tentunya tidaklah salah. Membangun bisnis dengan saudara terkadang akan lebih mudah jika dibandingkan dengan orang yang baru kamu kenal. Besar harapan untuk bisnis berjalan lancar juga ikatan persaudaraan semakin kuat. Tetapi, perlu diingat bahwa berbisnis dengan saudara pun memiliki aturan yang perlu diperhatikan.

Yuk simak penjelasan berikut!

Pembagian tugas sedetail dan sejelas mugkin

Membangun sebuah usaha, tentunya membuat kalian harus siap dengan segala risiko dan tanggung jawab yang akan mengikuti. Sebagai pemilik, kalian harus menentukan batasan serta tanggung jawab pribadi dalam merintis usaha ini. Pembagian ini amatlah penting untuk kelancaran bisnis kalian ke depannya.

Meski bersama saudara, jangan lupa untuk tetap membuat kontrak kerja atau perjanjian hitam di atas putih. Kontrak kerja ini amatlah penting untuk melindungi kalian masing-masing ke depannya.

Jangan lupa bicarakan mengenai modal dan pembagian keuntungan

Masalah keuangan tak jarang menjadi topik yang sensitif untuk dibicarakan. Meski begitu, di awal saat membangun usaha, kalian tetap harus membicarakan dengan jelas mengenai sumber modal yang akan dipakai juga pembagian keuntungan. Jika modal berasal dari dua belah pihak, usahakan untuk berimbang ya!

Bisnis Keluarga yang Berakhir di Tengah Jalan Bisa Menimbulkan Akibat yang Beragam

Buat pembukuan sejelas mungkin untuk mencegah salah paham

Meski berbisnis dengan saudara, bukan berarti kalian bebas menulis pembukuan mengenai keuangan dengan seadanya. Tetap pastikan untuk merekap pembukuan keuangan usaha kalian secara jelas dan detail. Tentukan mengenai pihak mana yang akan mengelola serta melakukan pembukuan dari usaha kalian.

Dalam membangun sebuah usaha, kepercayaan adalah poin yang penting. Meski kamu sangat mempercayai saudara, namun tetap pastikan bahwa laporan keuangan ditulis dan dibuat secara runtut dan transparan ya!

Jenis usaha dan visi misi harus jelas

Sebelum memulai atau mendirikan usaha bersama, tentunya kamu dan saudaramu harus memiliki visi-misi yang sama dan jelas. Kalian harus mempunyai dan menentukan target dari usaha yang kalian rintis. Komitmen juga sangatlah penting. Hal ini untuk mencegah terjadinya perpecahan dan sebagai bukti profesionalitas kalian terhadap usaha yang tengah dibangun.

Rancanglah visi-misi dari usaha kalian bersama-sama. Kalian juga harus membahas dengan jelas mengenai visi-misi tersebut.

Evaluasi dan rapat bulanan jangan sampai lupa

Tak jarang memiliki usaha bersama saudara membuat kita mengabaikan rapat dan evaluasi bulanan. Nyatanya, hal tersebut sangatlah berguna bagi kemajuan dan kelancaran usaha.

Menyampaikan evaluasi mengenai hasil penjualan sangatlah penting sebagai bahan pertimbangan mengenai tindakan yang tepat untuk kemajuan usaha di bulan mendatang.

Harus bisa membedakan masalah usaha dan masalah pribadi

Seiring berjalannya usaha, tak jarang masalah acap kali muncul. Apalagi ketika berbisnis dengan saudara, tak jarang kamu akan merasakan ketidaksukaan atau kejengkelan akan sikap dan perbuatan saudaramu.

Meski begitu, kamu tetap harus menjadi partner yang profesional. Jangan ragu untuk berbicara secara langsung.

Nah, itulah hal yang harus kalian perhatikan sebelum memulai usaha dengan saudara. Yuk, terapkan supaya bisnis semakin maju dan ikatan persaudaraan makin erat!

Comments are closed.